Rabu, 16 Oktober 2013

Si Ngacol Dukung PLN Bersih

12 comments


Saat ini PT PLN (persero) tengah gencar menjalankan komitmennya untuk memberantas segala macam praktek korupsi, kolusi dan nepotisme di setiap penyelengaraan perusahaan. PLN juga menegakkan Good Corporate Governance (GCG) dan anti korupsi dalam penyediaan tenaga listrik bagi masyarakat. Komitmen inilah yang mengusung terbentuknya program PLN Bersih.

Beberapa proses yang berpotensi terjadinya tindak korupsi pun telah menjadi sasaran utama PLN untuk mewujudkan program PLN Bersih. Proses bisnis yang dinilai akan sering terjadinya korupsi, suap dan pungutan liar adalah proses pengadaan barang dan jasa serta pelayanan kepada pelanggan. Untuk itu, PLN telah melakukan penegasan di dalam komitmennya yang akan menjadi senjata pamungkas agar memberantas korupsi yang ada dilingkungannya.

Gimana penjelasan awalnya? masih belum jelas bukan?
Hm.. kalo gitu, gimana kalo langsung saya jelaskan secara lebih ngacol lagi?

Sahabat Ngacol udah siap? okay Ready!!

Eh tunggu dulu!..
Emang udah tau belum ngacol tuh apaan?

Kalo belum, silahkan lihat dulu di sini.


Ngacol Mode On



Agar terwujudnya perusahaan yang menerapkan prinsip GCG (Gaul Cakep Gituloh) (Good Corporate Governance), saat ini PLN berusaha keras untuk membangun kepercayaan kepada masyarakat melalui transparansi informasi. Dengan tranparansi informasi ini dapat memperlihatkan kepada masyarakat PLN yang bersih dan tanpa noda hitam sedikitpun.

Setiap perubahan butuh pengorbanan!
Perubahan dan pengorbanan apa yang harus dilakukan PLN?


Memang benar.., setiap apapun yang akan kita laksanakan, pasti bertujuan untuk membawa sebuah perubahan, seperti contohnya seorang penulis yang ingin tulisannya dibaca dan digemari, sehingga ia dapat berbagi keceriaan,motivasi dan pelajaran penting untuk seluruh pembacanya. Sangat tidak mudah mengajak banyak orang untuk dapat membaca hasil tulisannya tersebut. Agar tulisannya dapat disenangi setiap orang, ia pun harus membuat sebuah karya tulisan yang berkualitas dan memberikan banyak hal positif untuk pembacanya. Namun itu hanyalah salah satu usaha internal yang dilakukan seorang penulis agar tulisannya banyak dibaca dan dikagumi. Penulis juga membutuhkan penerbit ataupun agen yang dapat mempromosikan bukunya sehingga diketahui oleh orang banyak. Peran inilah yang dapat kita katakan sebagai peran pendukung untuk mewujudkan impian dari penulis.

Demikian pula dengan perubahan untuk menjadikan PLN sebuah perusahaan yang bersih dari segala macam tindak korupsi. Akan banyak pengorbanan dan rintangan yang harus dihadapi. Upaya yang dilakukan pun harus mendapat dukungan dan partisipasi yang tinggi, baik itu di dalam lingkungan PLN maupun masyarakat sekitar. Sebab dengan dukungan ini akan membuka jalan lebih luas untuk mewujudkan program PLN Bersih.

Blogger mendukung program PLN Bersih

Saat ini para galauer blogger telah mendukung sepenuhnya komitmen yang telah ditegakkan oleh PLN.*saya blogger*. Dengan semangat yang membara, blogger turut terlibat menjadi tokoh pejuang dalam pemberantasan anak lebay korupsi yang ada dilingkungan PLN. Peran blogger sangat memberikan dampak yang cukup besar di dalam sosialisasi program ini.
Kenapa harus melalui Blogger?
Karena melalui blogger informasi yang tersebar untuk mempromosikan komitmen dari PLN ini akan tersampaikan secara lebih komunikatif serta interaktif kepada seluruh masyarakat luas. Saya sebagai seorang blogger sejati dan rupawan ikut memberikan dukungan kepada PLN yang mengambil langkah terbaik untuk memberantas korupsi yang telah ada. Setidaknya ini juga akan mengurangi ladang tempat kerjanya para koruptor di indonesia.*nyengir dikit*.

Oleh karena itu, marilah kita bersama memberikan duit dukungan beserta do'a  kepada PLN, agar program PLN Bersih berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Saya pun sebagai pemuda duda merasa bangga apabila salah satu BUMN yang ada di Indonesia ini menjadi lebih baik lagi kedepannya. Sehingga tanah air tercinta kita akan bebas dari penyakit korupsi.*terharu*.

Jebakan Korupsi yang selalu Menghantui

Banyak masyarakat yang mengatakan bahwa PLN adalah sarangnya burung walet Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme yang saat ini telah populer dengan akronim KKN.*kayak artis aja populer*.
Tetapi pihak PLN kini telah yakin bahwa KKN yang ada di dalam lingkungannya sudah jauh berkurang, dan kalaupun ada itu hanya kasus tertentu saja.

Namun, apapun dalihnya korupsi kini tetap saja terjadi dan telah banyak mewujud di kehidupan sehari-hari. Seperti halnya seorang karyawan yang datang ke kantor hanya menghabiskan waktu untuk mengeluh, mengobrol, curhat, baca koran, bahkan tidur-tiduran.*dan juga galau*.

Apakah itu juga bisa dikatakan korupsi ?
Ya tentu saja, karena itu merupakan korupsi waktu. Dan banyak karyawan yang digaji setiap bulannya meskipun telat atau tidak masuk kantor. Dengan berbagai alasan karyawan tersebut telat datang ke kantor. Salah satu alasan yang paling laris adalah macet.
Bagaimana kalau sehari terlambat 2 jam? 
Berapa jam dalam sebulan karyawan itu korupsi waktu?

Contoh selanjutnya dari jebakan batman korupsi yang sering dilakukan adalah saat perjalanan dinas. Perjalanan dinas sering dianggap karyawan sebagai salah satu kesempatan untuk jalan-jalan ataupun mencari tambahan penghasilan. Seharusnya karyawan tersebut serius berkontribusi di dalam masalah pekerjaannya bukan hanya untuk mencari kesempatan saja.
Dengan demikian para karyawan harus berhati-hati agar tidak masuk kedalam segala macam bentuk jebakan korupsi ini.



Percakapan si Ngacol dan Karyawan PLN

Program PLN Bersih tentunya telah banyak diketahui oleh petugas PLN yang ada di setiap daerah. Walaupun masih ada beberapa yang belum mengerti dengan program ini. Saat ini saya ingin langsung berbincang-bincang dengan salah satu karyawan PLN yang ada di daerah saya. Ya, dia merupakan salah satu tetangga jauh saya yang bekerja di PLN. Yok langsung saja kita serang dia dengan beberapa pertanyaan.*lagi semangat*.

Permisi Pak.., Boleh saya ngobrol-ngobrol bentar?*masang muka polos*

Hm, boleh-boleh, nih kamu dari salah satu MLM mana ya?*penasaran*.

Bukan pak...*kecewa*. Kenalin saya si Ngacol pak. Blogger yang terkenal itu loh...*pede abiss*

Oh kamu ini Blogger ternyata.. ya ya ya.*sok tau*.

Saya mau nanya nih pak.*benerin kerah baju*. Bapak kan salah satu karyawan PLN di daerah ini, apakah bapak sudah tau tentang program PLN Bersih?

Saya sudah tau kok, walaupun tidak begitu paham. Yang saya tau, program ini mempunyai tujuan untuk memberantas Korupsi, Kolusi dan Nepotisme yang ada di lingkungan PLN.

Jadi, apakah bapak telah sepenuhnya menjalankan segala sesuatu dari program tersebut ?

Ya tentu saja, saya telah berupaya untuk menghindari tindak korupsi dan beberapa spesies lainnya di dalam pekerjaan saya.*ngelawak*.

haha ternyata banyak juga spesiesnya, seperti spesies alay pak.*ketawa bahagia*.
Salah satu contoh tindakan yang harus dihindari seperti apa pak?*kembali serius*

Contohnya?*mikir bentar*. Kami tidak boleh menerima suguhan minum atau apapun dari pelanggan. Sebab itu bisa dikatakan tindak suap-menyuap.*curhat*.

Apakah pelanggan tersebut tidak merasa tersinggung?

Mereka sangat tersinggung, tetapi sekarang inilah yang harus kami jalani di dalam komitmen PLN yang baru ini.

Hmm..kalo begitu sekian dulu pak. Terima kasih telah menjawab beberapa pertanyaan singkat dari saya pak.*tersenyum manis*

Iya sama-sama. Dengan senang hati saya akan selalu menjawab pertanyaan masyarakat.*menghilang dengan asap*.



Habis Gelap Terbitlah Terang

PLN akan memberikan cahayanya  kepada seluruh masyarakat luas agar kehidupan pun menjadi lebih terang dan dihiasi senyum bangga karena berhasil mewujudkan sebuah suasana indah tanpa adanya korupsi. Akan ada keceriaan yang hadir di setiap pelosok wilayah terpencil sekalipun yang mendapat penerangan dari PLN. Masyarakat termasuk anak-anak yang akan menopang masa depan bangsa ini juga akan mendapat cahaya tersebut. Dan pelayanan merata inilah yang akan menjadikan PLN semakin maju dan terus setia melayani masyarakat dengan tulus dan ikhlas tentunya.

Senyuman Anak Bangsa


Mari Bersama PLN Mewujudkan Mimpi Indah

Setiap orang pasti memiliki mimpi. Tentu mimpi yang mereka inginkan adalah sebuah mimpi yang terindah. PLN terus berusaha memaksimalkan kinerja dengan upaya serta tekad dalam membangun kebersamaan yang lebih baik lagi. Sehingga semua itu menjadikan mimipi-mimpi yang ada terkabul nyata.

Saat penerimaan karyawan baru PLN, ada seorang ayah yang bersedia menunggu lama untuk kehadiran salah satu pejabat tinggi di sebuah perusahaan. Ia berencana ingin memberi suap kepada pejabat tersebut agar anaknya bisa lulus dengan lancar saat menjalani tes masuk perusahaan. Setelah sekian lama menunggu, akhirnya sang pejabat datang menemui orang tua tersebut. Dan terjadilah tindakan suap-menyuap diantara kedua belah pihak. Karena merasa hatinya kini sudah tenang anaknya akan lulus dengan mudah pada perusahaan yang diinginkan, sang ayah pun langsung pulang dan berniat akan memberitahu anaknya berita yang menyenangkan baginya saat itu.

Tapi apa yang terjadi ternyata tidak seperti yang terlintas difikiran sang ayah. Anak itu sangat kecewa saat mendengar apa yang telah dilakukan ayah untuknya. Merasa bahwa ayahnya sendiri tidak yakin dengan kemampuan yang ia miliki saat ini. Hatinya sangat hancur dan putus asa lah yang kini hadir di benaknya. Ayah itu pun menyesali perbuatannya dan sangat malu terhadap dirinya sendiri. Seharusnya sang ayah lah yang mengajarkan kepada anaknya betapa berharganya sebuah kejujuran yang berasal dari hati.

Dari kejadian ini dapat kita petik hikmah akan pentingnya kejujuran dan hanyalah keterpurukan yang di dapat dari tindakan suap ataupun korupsi. Berharap agar cerita indah yang akan hadir di akhir cerita tapi malah kesesatan yang didapat. Keindahan yang akan kita dapat pun akan terwujud nyata di genggaman, apabila program PLN Bersih berhasil dengan baik. Marilah kita bersama merangkul terciptanya tembok  untuk menangkal serangan-serangan yang datang dari tindakan korupsi. Tidak ada yang bisa mengalahkan mimpi seseorang untuk maju, kecuali diri kita sendiri. Wujudkan mimpi indah itu dari sekarang dan raihlah cita-cita bersama.

Dukungan dari hati para blogger

Mungkin saya memang hanyalah seorang blogger pemula yang hanya memiliki pengunjung sedikit dan dapat dihitung dengan jari setiap harinya. Tetapi saya juga berharap dapat berpartisipasi melalui lomba blog yang diadakan oleh PLN dan BlogDetik, untuk menyampaikan kepada seluruh masyarakat tentang komitmen serta prinsip yang digalakkan oleh PLN dalam pemberantasan korupsi ini. Hati saya tulus ingin berbagi dan merasa bangga terhadap program bijak PLN Bersih. Karena saya sangat menyukai langkah besar PLN yang akan tercatat di dalam sejarah perubahan dunia untuk memajukan bangsa hingga lebih baik lagi.


Seperti yang pernah saya sampaikan tadi, setiap perubahan pasti membutuhkan pengorbanan. Akan banyak caci maki dan ejekan yang datang menghadang. Tetapi itulah yang dinamakan pengorbanan untuk menuju jalan yang benar. Dan untuk itu, saya beserta rekan blogger lainnya akan siap dengan semangat bersama untuk menyokong agar program PLN Bersih dapat terwujud dan PLN berhasil menerapkan prinsip GCG (Gaul Cakep Gituloh) (Good Corporate Governance).*hehe*.
Sekian terimakasih.



Referensi :

12 komentar:

  1. Keren ilustrasinya .. andai saya juga pandai bikin ilustrasi begitu :D
    Moga menang yaa

    BalasHapus
  2. artikelnya keren dan bagus..! yuk mari kita dukung PLN Bersih semangattt...!!!

    oh ya mhon kunjungan baliknya dan minta komentarnya juga ya...! trims #salamblogger :))
    www.achmadray.blogspot.com/2013/10/ceritaku-tentang-pln-bersih.html

    BalasHapus
  3. lengkap nih :D pake ilustrasi sendiri lagi. nice article gan (y)

    www.gilirandavid.blogspot.com

    BalasHapus
  4. Setelah Saya daftar jadi peserta lomba ini juga
    Saya lgsg BW melihat tulisan saingan
    Mas memang saingan berat Saya dan Saya yakin mas akan menjadi salah satu pemenangnya
    Krn Tulisan mas ilustrasinya unik
    Selamat ya mas
    Salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah terimakasih karna telah menjadikan saya salah satu saingannya :)

      Hapus
  5. Selamat ya Bro Ngacol...Jadi pemenang juga
    http://blogdetik.com/2013/11/01/inilah-68-pemenang-lomba-blog-plnbersih/

    ...Ilustrasinya enak di baca.

    BalasHapus